6 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

6 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Banyak ibu hamil tentu sadar bahwa pola makan sehat harus mencakup banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak yang sehat. Penting juga diketahui, buah-buahan bermanfaat jika dikonsumsi selama kehamilan

Apa saja pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil?
Berikut adalah beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil beserta manfaatnya masing-masing:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Buah kuning manis ini menyediakan cukup serat dan kalori sebagai energi untuk mencegah kelelahan.
Selain itu, kalium di dalam pisang dapat membantu menjaga tekanan darah ibu tetap normal.

2. Jeruk dan lemon

Buah jeruk membantu bumil tetap terhidrasi. Jeruk juga merupakan sumber folat yang bagus. Folat adalah vitamin B yang berperan penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau neural tube defect. Selain itu, jeruk merupakan sumber vitamin C yang mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel. Dengan begitu, tubuh ibu mampu menyerap zat besi dengan baik. 

Pasalnya, lemon atau aroma lemon ampuh meredakan mual selama kehamilan. Di sisi lain, lemon kaya akan vitamin C, yang mampu menstimulasi sistem pencernaan untuk meredakan sembelit. 

3. Mangga

Mangga juga sumber vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Kekurangan vitamin A saat persalinan akan berdampak pada kekebalan tubuh yang rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi. Seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

4. Alpukat

Buah hijau ini mengandung lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Alpukat adalah sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan kalium. Alpukat juga dipercaya mampu meredakan mual selama kehamilan, hal ini karena kandungan kalium dan magnesium di dalamnya.Kalsium juga bisa meredakan kram kaki, yang merupakan masalah umum selama kehamilan. Perlu diketahui, kram kaki biasanya disebabkan rendahnya kalium dan magnesium. Kandungan kolin dalam alpukat juga baik untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin bisa menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

5.Buah Beri

Buah beri, seperti blueberry, raspberry, strawberry, blackberry dan goji berry, kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat. Selain itu, buah beri mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin. Karbohidrat dan serat dalam buah-buahan beri akan memberikan energi yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

6. Apel

Apel kaya serat dan merupakan sumber vitamin C. Ditambah lagi apel mengandung vitamin A, kalium, dan pektin. Pektin merupakan prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus.