Apakah Makan Pada Malam Hari Dapat Menyebabkan Kegemukan ?

Apakah Makan Pada Malam Hari Dapat Menyebabkan Kenaikan Berat Badan ?

      Sebagian besar orang mengira bahwa makan malam dapat menyebabkan kegemukan, tetapi sebenarnya bukan makan malam yang akan membuat gemuk, melainkan jenis makanan yang kita makan yang akan menyebabkan kegemukan.Simak penjelasannya dibawah ini.

Hal yang terjadi pada tubuh saat makan malam

      Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ketika tidur tubuh akan membakar lemak. Oleh sebab itu, jika anda makan pada malam hari glikogen (cadangan glukosa) dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur.Jika asupan kalori harian terlalu banyak, maka cadangan energi yang tersimpan akan bertambah dan menyebabkan kenaikan pada badan.

Mitos atau Fakta tentang makan pada malam hari

      Banyak yang mengatakan bahwa makan malam dapat menyebabakan kenaikan berat badan.Namun, sebenarnya hal itu dapat kita hindari yaitu dengan mengetahui kapan waktu makan malam yang baik.
Waktu makan malam yang baik yaitu 3 jam sebelum anda tidur. Jika anda sangat lapar pada malam hari, pilihlah makanan yang mengantung tinggi serat dan protein, namun rendah kalori dan lemak.Misalnya sayur dan buah buahan.Jika anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji kemudian anda langsung tidur, maka anda rentan akan mengalami gangguan kesehatan antara lain :

1. Insomnia
       Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol dekat pada waktu tidur akan menyebabkan insomnia, selain itu juga memakan makanan yang mengandung kalori dan lemak yang berlebihan juga dapat menyababkan gangguan tersebut.

2. Kenaikan berat badan
        Biasanya pada malam hari orang orang lebih memilih makanan yang mengandung makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak dengan porsi yang tidak sedikit. Hal tersebut yang akan menyebabkan kenaikan pada badan.Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan jenis makanan yang akan anda konsumsi pada malam hari.

3. Gangguan asam lambung
        Sebaiknya anda menghindari makanan yang pedas dan mengandung lemak serta asam yang tinggi pada malam hari. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan pada asam lambung.

      Nah, sekarang anda telah mengetahui fakta atau mitos tentang makan malam menyebabakan kenaikan berat badan.Sebenarnya makan malam itu tidak selalu menyebabkan kenaikan berat badan, namun anda harus mengetahui kapan waktu yang baik untuk makan malam dan jenis makan apa yang harus anda makan ketika anda lapar pada malam hari.