Asupan Makanan yang baik untuk bayi 6 bulan – rhisehat

Asupan yang baik untuk bayi 6 bulan

Ketika menginjak usia 6 bulan, biasanya bayi sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) pertama sebagai asupan nutrisi anak. Pemberian MPASI sebaiknya sesuai dengan jadwal dan diberikan secara bertahap.
Selain itu, MPASI juga diharapakan bisa membantu melatih bayi menelan dengan baik (tidak tersedak) dan tidak melebihi kapasitas kerja sistem pencernaan.
Namun jangan lupa karena dikatakan sebagai pendamping ASI, pemberian makanan bayi ini tentu harus tetap dilakukan bersamaan dengan ASI. Supaya pemberian makanan bisa lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Kini sudah banyak produk makanan bayi 6 bulan berjenis instan yang mudah dijumpai di supermarket. Namun, proses pengolahan yang terlalu panjang membuat makanan bayi instan tidak mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Inilah alasan mengapa mengolah sendiri makanan bayi 6 bulan lebih disarankan, agar bayi dapat memperoleh nutrisi dan vitamin yang memadai.

Inspirasi daftar menu MPASI untuk bayi.

Membuat makanan bayi sebenarnya sama saja seperti saat menyiapkan makanan untuk anggota keluarga lainnya.
Hanya saja, tekstur dan pilihan olahan makanan sangat dianjurkan untuk memberikan bayi makanan yang lunak dan lembut.
Tidak perlu bingung saat akan menyediakan menu makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayi. Namun, pastikan Anda memberikan menu MPASI campuran dan bukan MPASI tunggal untuk bayi.

Beberapa pilihan makanan bayi 6 bulan, antara lain:
Bubur encer dari beras putih.
Sereal, disarankan untuk memilih yang bebas gluten.
Buah dan sayuran yang dihaluskan, seperti avokad, pisang, pir, kentang, wortel, brokoli, kol, bayam, apel, strawberry, wortel, anggur, tomat dan timun.
Daging yang dihaluskan, seperti ayam atau sapi.
Tahu yang dibuat menjadi bubur.
Kacang-kacangan yang dihaluskan, seperti edamame, kacang merah dan kacang hijau.

Waspada Alergi Makanan pada Bayi
Saat Si Kecil baru mencoba makanan padat, Anda perlu memperhatikan apakah ia mengalami alergi terhadap makanan tertentu atau tidak.
Umumnya perlu waktu tiga hari untuk melihat reaksi alergi, terutama bila ada anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi.
Hindari memberikan madu pada bayi berusia satu tahun ke bawah untuk mengurangi risiko terkena botulisme. Pemberian susu sapi juga sebaiknya dihindari. Bayi baru dapat diberikan susu sapi setelah usia menginjak satu tahun atau lebih. Meski begitu, pemberian produk yang terbuat dari susu sapi, misalnya keju, umumnya aman untuk diberikan kepada bayi.

Alodokter. Diakses pada 2022. Makanan yang baik untuk bayi 6 bulan.
Hellosehat. Diakses pada 2022. Makanan yang baik untuk bayi 6 bulan.