Waspadai Bahaya Penyakit Kista yang Merugikan Kesehatan Tubuh

Kista adalah sebuah kantung yang terbentuk dari jaringan membran dan berisiko cairan, udara, semisolid, hingga zat lainnya. Kista dapat muncul pada beberapa bagian tubuh hingga dibawah kulit.

Penyebab Kista

Berikut ini hal-hal yang dapat memicu atau memperparah kista:

  • Kondisi genetik.
  • Tumor.
  • Infeksi.
  • Kelainan pada perkembangan embrio.
  • Cacat pada sel.
  • Kondisi inflamasi kronis.
  • Penyumbatan pada saluran pada tubuh.
  • Parasit.
  • Cedera.

Gejala Kista

Gejala utama kista adalah benjolan yang tumbuh pada bagian tubuh tertentu, yang letaknya tergantung kepada jenis kista yang dialami. Benjolan dapat tumbuh di wajah, leher, dada, punggung, kulit kepala, telapak tangan, dan telapak kaki.

Namun, beberapa kista tumbuh di bagian tubuh dalam sehingga perkembangan benjolan kista tidak dapat dirasakan dengan baik, seperti pada payudara hingga ovarium.

Kista memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sangat lambat. Selain itu, kista juga tidak menyebabkan rasa nyeri pada pengidapnya, kecuali jika kista mengalami infeksi. Berikut ini tanda kista mengalami infeksi:

  • Keluar darah atau nanah berbau tidak sedap dari benjolan.
  • Kemerahan di kulit sekitar area kista.
  • Infeksi yang memicu nyeri pada kista.
  • Kaku atau kesemutan, terutama pada bagian tubuh yang ditumbuhi kista.
  • Mual dan muntah.
  • Demam.
  • Pusing.

Selain infeksi, kista juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ketika ukuran kista sangat besar, menimpa saraf atau pembuluh darah, tumbuh pada area yang sensitif, hingga memengaruhi fungsi organ tubuh.

Mengenal Berbagai Jenis Kista

1. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantor berisi cairan yang tumbuh di dalam indung telur wanita (ovarium). Jenis kista ini biasanya bisa hilang tanpa perawatan khusus. Jika ukurannya besar dan pecah, pengidap berisiko mengalami gejala serius, seperti demam, pingsan, pusing, napas cepat, dan nyeri panggul.

2. Kista Epidermoid

Kista epidermoid muncul di bawah kulit, seperti wajah, leher, kepala, punggung, hingga alat vital. Meski jarang menimbulkan masalah, kista jenis ini bisa mengganggu penampilan, terasa nyeri, rentan pecah, dan mengalami infeksi.

3. Kista Payudara

Kista yang muncul pada jaringan payudara. Kista jenis ini bersifat jinak dan jarang berkembang menjadi sel kanker. Pengidap perlu bicara pada dokter jika kista semakin membesar dan menimbulkan nyeri.

4. Kista Ganglion

Kista ganglion muncul di sepanjang persendian, terutama di pergelangan tangan atau ruas jari tangan. Kista ini juga bisa muncul di ujung jari tangan, lutut bagian luar, pergelangan kaki, dan punggung kaki.

5. Kista Dermoid

Pertumbuhan kantong berisi cairan di folikel rambut, kelenjar keringat, gigi, dan jaringan saraf. Kista jenis ini biasanya muncul di permukaan kulit atau organ di dalam tubuh, seperti tulang belakang, otak, hidung, rongga sinus, rongga perut, dan indung telur.

6. Kista Baker

Kista yang menyebabkan munculnya benjolan di belakang lutut. Penyebabnya adalah timbunan cairan pelumas sendi (cairan sinovial) yang berlebih pada jaringan lutut. Kondisi ini dipicu oleh sejumlah masalah lutut, seperti peradangan sendi atau robeknya tulang rawan lutut.

7. Kista Bartholin

Kista yang terbentuk pada salah satu atau kedua kelenjar sisi Miss V. Benjolan muncul ketika kelenjar pelumas Miss V (kelenjar bartholin) mengalami penyumbatan. Kista jenis ini bisa muncul akibat infeksi bakteri penyebab gonore atau klamidia. Gejala utamanya berupa pembengkakan di area sekitar Miss V dan timbulnya rasa nyeri.

8. Kista Ginjal

Kantong berisi cairan yang muncul di dalam ginjal. Kista jenis ini bersifat jinak dan jarang menyebabkan komplikasi serius. Gejala muncul jika kista tumbuh membesar atau sudah terinfeksi. Meliputi demam, nyeri tubuh (terutama pada punggung, pinggang, atau perut bagian atas), meningkatnya frekuensi buang air kecil, dan bercampurnya darah dalam urine.

Selain kista di atas, terdapat beberapa jenis kista lain yang perlu disadari. Di antaranya adalah kista arachnoid, epididimis, labial, pilonidal, nabothi, pineal, tiroglosal, celah brankial, koloid, mukosa, pankreas, testis, tiroid, hati, sinus, pilar, hemoragik, dan konjungtiva.

Jika Anda Mengalami Keluhan Diatas

SEGERA AMBIL TINDAKAN

Kami Rekomendasikan Solusi Untuk Keluhan KISTA

Mau tahu apa itu IDR MADU V-NATURE ?

IDR Madu V-Nature adalah Madu Yang Berkualitas Tinggi Karena Mengandung 5 Macam Tumbuhan Yang Di Percaya Oleh Masyarakat Indonesia Mampu Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit Kista, Penyakit Kronis Maupun Non Kronis.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Anda Dapat Menghubungi Custumer Sevice Pada Tombol Dibawah Ini :