Banyak Yang Belum Tahu, Manfaat Kismis Bagi Kesehatan

Banyak Yang Belum Tahu, Manfaat Kismis Bagi Kesehatan

Kismis merupakan olahan buah anggur yang telah dikeringkan. Selain rasanya yang manis, ternyata terdapat banyak manfaat didalam buah ini.
kismis bisa hadir dalam berbagai warna seperti cokelat, kuning hingga ungu kehitaman.
Tidak hanya sebagai cemilan kering saja kismis kerap di jadikan sebagai bahan toping makanan seperti pada roti dan cake.

Terdapat nutrisi penting didalam kismis seperti mineral, dan energi yang baik dalam bentuk kalori dan gula. Kismis bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebih. Didalam 28 gram kismis terdapat 84 kalori, karbohidrat, gula, serat, protein, vitamin C, vitamin B6.

Secara umum, berikut dibawah ini manfaat kismis yang baik bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Kismis mengandung serat larut yang bermanfaat. Serat ini dapat mengikat dan melunakkan tinja di dalam usus, sehingga tinja lebih mudah untuk dikeluarkan.
kismis juga mengandung prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dengan buang air besar yang lancar dan terjaganya jumlah bakteri baik di dalam usus, kesehatan saluran pencernaan akan terjaga.

2. Mencegah Anemia
Manfaat kismis selanjutnya adalah mencegah anemia. Buah ini diperkaya dengan kandungan zat besi yang tinggi sehingga cocok dijadikan sumber nutrisi untuk meningkatkan asupan mineral.
Zat besi penting untuk membuat sel darah merah dan membantu mereka membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Seseorang perlu makan cukup zat besi untuk mencegah anemia kekurangan zat besi.

3. Mencegah Penyakit Kronis
Kandungan antioksidan dalam kismis, seperti zat polifenol antioksidan yang berfungsi seperti katekin. Fungsinya adalah untuk memerangi bahaya radikal bebas yang dapat mengakibatkan sel-sel tumor dalam tubuh meningkat dan memungkinkan terjadinya kanker usus besar. Radikal bebas berlebih yang dibiarkan begitu saja berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA Anda. Kondisi ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Mencegah Osteoporosis
Kismis juga bisa membantu menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan kismis memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Maka, secara otomatis dengan konsumsi kismis secara teratur akan membantu tulang menjadi lebih kuat.
Kandungan kalsium yang tinggi dalam kismis adalah kalsium dan boron. Kedua mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian. Mineral ini dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

5. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi
Kismis memiliki manfaat dalam mencegah gigi berlubang dan masalah pada gusi. Kandungan antimikroba di dalamnya mampu menekan pertumbuhan bakteri di mulut.
Namun, tidak berarti Anda dapat mengonsumsi kismis secara berlebih karena kismis dalam kemasan bisa jadi memiliki gula tambahan yang justru bisa merusak gigi. Sebaiknya berkumurlah setelah memakan kismis.


Ada yang perlu diingatkan. Buah yang dikeringkan, seperti kismis, biasanya mengandung gula dan kalori yang lebih tinggi daripada buah utuhnya.
Oleh karena itu, perhatikan jumlah kismis yang Anda makan. Dalam 1 sendok makan kismis kira-kira terdapat 5 gram gula. Sesuaikan jumlah ini dengan batasan konsumsi gula Anda per hari.

Semoga Bermanfaat
Salam Sehat Reza Herbal