Berikut Beberapa Penyebab Mimisan Yang Harus Anda Ketahui

Berikut Beberapa Penyebab Mimisan

        Mimisan merupakan gejala pendarahan pada bagian dalam hidung.Hal ini bisa terjadi pada semua usia mulai dari anak anak hingga orang dewasa.
Sebagian besar orang pernah mengalami mimisan, gejala ini sering dianggap megerikan.Darah yang keluar bisa keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung.Dalam beberapa orang yang telah mengalami mimisan ada yang berdurasi cepat dan ada yang mengalami selama 20 menit.
Orang tua pada zaman dahulu sering menggunakan daun sirih untuk mengatasi mimisan, yaitu dengan cara menumbuk daun sirih dan memasukan pada lubang hidung.

Penyebab Mimisan

       Mimisan bisa disebabkan oleh faktor yang ringan maupun kondisi tubuh anda. Berikut beberapa penyebab mimisan yang harus anda ketahui :

1. Cidera pada hidung
         Orang pasti sesekali suka menggaruk atau menggosok hidungnya, namun anda harus berhati hati karena jika menggaruk atau menggosoknya terlalu keras kemungkinan pembuluh darah pada hidung anda akan menjadi rusak dan mengakibatkan mimisan. Hal ini sering terjadi pada anak anak, itu disebabkan pembuluh darah yang masih lemah,  jika hidung terbentur berakibat mengalami pendarahan.

2. Sering mengorek lubang hidung
          Ternyata kebiasaan mengupil dapat menyebabkan pendarahan pada hidung. Ini sering sekali dialami karena mengupil dengan kuku yang panjang dan kotor sehingga lapisan pembuluh darah tergores dan mengalami infeksi pada area hidung. Jadi usahan jika anda ingin membersihkan hidung anda tangan anda dalam keadaan bersih, kuku yang pendek dan lakukan dengan perlahan.

3. Udara yang kering
         Faktor cuaca yang naik turun secara drastis ternyata dapat menyebabkan mimisan. Hal ini terjadi karena udara yang masuk akan mempengaruhi lapisan hidung kering hingga retak dan berdarah.

4. Obat pengencer darah
         Obat pengencer darah dapat membuat darah menggumpal dan membeku seketika.Oleh sebab itu, peluang pendarahan pada hidung tidak dapat dihindari. Obat obatan tersebut diantaranya, aspirin, warfarin, clopidogrel bisulfate, dan obat anti-inflamasi nonsteroid ternyata juga dapat menjadi penyebab sering mimisan.

5. Masalah kesehatan tertentu
         Kondisi tubuh yang anda alami juga dapat menyebabkan mimisan, biasanya hal ini dikaitkan dengan beberapa masalah pada hidung seperti, pilek, plu, sinusitis, polip, dan tulang hidung bengkok.
Namun, jika gejala mimisan diiringi dengan sakit kepala anda harus waspada. Ada kemungkinan itu merupakan gejala penyakit ginjal, hati, konsumsi alkohol berlebih, hingga masalah kesehatan lainnya yang dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah.

Bagaimana cara mengatasi mimisan ?

         Hal pertama yang bisa anda lakukan jika anda mengalami mimisan adalah duduk tegap lurus kedepan, hal ini dapat mencegah kembalinya darah masuk ke dalam hidung.Cara kedua pencet cuping hidung selama 10 menit, hal ini bertujuan untuk memberikan penekanan pada titik pendaraahan, selama proses ini anda dapat bernapas melalui mulut.
Langkah selanjutnya mengompres dingin, anda dapat menggunakan es batu yang sudah dibaluti oleh kain haduk yang lembut setelah itu kompreskan pada hidung anda secara perlahan.
Menggunakan daun sirih, daun ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan dapat digunakan untuk mengatasi mimisan. Anda cukup menggulung daun sirih dengan kecil kemudian masukan kedalam hidung, anda juga harus memperhatikan tekstur daun sirih jangan biarkan anda menggunakan daun sirih yang daunnya sudah kasar.Hal ini untuk menjaga pembuluh darah pada hidung anda yang sensitif.