Mengenal Cacar Air, Gejala, Tanda- Tanda

Pengertian

rhisehat – Cacar merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella. Penyakit ini akan menyebabkan ruam merah yang berisi cairan yang terasa gatal diseluruh tubuh.
Penyakit ini merupakan penyakit menular yang sering banyak dialami oleh anak anak. Orang yang memiliki imun yang lemah dapat terserang cacar air ini. Penyakit ini dapat muncul sekali dalam seumur hidup, sangat jarang orang yang mengalaminya dua kali dalam hidupnya. Berikut tanda tanda, gejala, pengobatan, pencegahan, dan pantangan makanan yang harus anda ketahui.

Tanda dan Gejala

      Kemunculan gejala penyakit ini dapat berbeda beda pada setiap orang.Namun kebanyakan orang banyak yang merasakan kelelahan dan rasa tidak nyaman selama dua hari. Ruam gatal yang muncul pada wajah, kulit kepala, dan di bawah ketiak. Terkadang ruam juga muncul di dalam mulut.
      Lama kelamaan ruam tersebut akan membentuk bintik bintik yang berisi cairan yang dapat melepuh dan mengering, membentuk keropeng dalam 5-10 hari.Cacar air juga ditandai dengan keluhan lain, seperti:
1. Demam
2. Sakit kepala
3. Kelelahan
4. Hilang nafsu makan
       Secara garis besar anda akan mengalami 3 fase utama penyakit setelah ruam muncul, diantaranya :
1. Muncunya benjolan merah muda atau merah (papula) selama beberapa hari.
2. Munculnya lepuhan kecil berisi cairan yang terbentuk sekitar satu hari sebelum pecah.
3. Timbul kerak dan keropeng menutupi lepuhan yang rusak.

Pengobatan dan Pencegahan

      Pengobatan cacar air bertujuan untuk meringankan gejala yang timbul yaitu dengan mengenakan pakaian yang longgar berbahan lembut dan tidak menggaruk ruam yang timbul atau luka.
Pencegahannya dengan mendapatkan vaksinasi cacar air atau dengan menggunakan bedak yang dapat mengatasi gatal gatal.
 Adapun beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhan cacar air :
1. Kenakan pakaian yang bahannya lembut, longgar, dan diganti sering-sering
2. Tidak sembarangan bertukaran barang pribadi dengan orang lain
3. Perbanyak istirahat, tidur yang cukup
4. Jaga pola makan, yakni: perbanyak minum air putih, perbanyak makan buah dan sayur yang mengandung kaya vitamin C dan antioksidan lainnya, batasi makanan yang kerap memperberat rasa gatal, seperti telur, seafood, kacang-kacangan.

Pantangan Makanan

     Jika anda sedang mengalami cacar air, anda harus hati hati dalam mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan peradangan . Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat mengalami cacar air 

1. Makanan pedas dan asin
        Rasa pedas dan asin dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan mulut.Oleh sebab itu jika anda mengalami cacar air, maka anda dapat menjadikan sup sayuran sebagai penggantinya karena memiliki kadar natrium lebih rendah, dibandingkan dengan kaldu ayam.

2. Makanan Asam
         Makanan yang memiliki kadar asam yang tinggi seperti jeruk dapat membuat bintil yang ada pada tenggorokan akan menjadi peradanagn yang akan memperparah kondisi .
Hindari juga makanan yang mengandung asam sitrat, karena akan membuat gejala memburuk, sama seperti ketika mengonsumsi makanan yang kadar asamnya tinggi.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh
         Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi dapat membuat peradangan pada tubuh, sehingga ruam yang dialami akan semakin parah dan proses penyembuhan akan semakin lama. Daging atau susu full cream merupakan makanan yang harus dihindari karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi.

Jika Anda Merasakan Gejala Diatas

SEGERA AMBIL TINDAKAN

Kami Rekomendasikan Solusi Untuk Keluhan Cacar Air

Mau tahu apa itu IDR MADU HITAM ?

IDR Madu Hitam adalah Madu Hitam Yang Berkualitas Tinggi Karena Mengandung 5 Macam Tumbuhan Yang Di Percaya Oleh Masyarakat Indonesia Mampu Membatu Mengatasi Penyakit Cacar Air, Penyakit Kronis Maupun Non Kronis.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Anda Dapat Menghubungi Custumer Sevice Pada Tombol Dibawah Ini :

idr madu hitam
madu hitam
obat cacar air
cacar air
gejala cacar air
penyebab cacar air
ciri cacar air
tanda cacar air
pengobatan cacar air
cara mengobati cacar air
cara mengatasi cacar air