Inilah Makanan Yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Inilah Makanan Yang Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Bagi masyarakat Indonesia memanaskan makanan sisa merupakan sesuatu yang biasa. Hal tersebut dilakukan agar lebih hemat dan tidak menghambur-hambur makanan.

Apakah Anda tahu ? ternyata, ada beberapa jenis makanan apabila Anda memanaskanya akan berdampak buruk bagi kesehatan lho. Hal itu dikarenakan jika kita memanaskannya kembali, maka makanan tersebut bisa menghasilkan zat beracun sehingga kita harus menghindarinya.

Berikut makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali :

1. Sayuran

Sayuran juga menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Ini karena kandungan nitrat yang berada di dalamnya.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, senyawa nitrat dapat berubah menjadi zat karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan jika dipanaskan berulang.

Beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan karena tinggi kandungan nitrat, antara lain:

  • Bayam
  • Seledri
  • Lobak
  • Selada
  • Buah dan akar bit
  • Wortel
  • Kentang

2. Nasi

Menurut Foods Standards Agency (FSA), nasi yang dipanaskan ulang bisa menyebabkan keracunan makanan.

Nasi yang disimpan terlalu lama biasanya mengandung bakteri Bacillus Cereus. Jika di panaskan, bakteri ini dapat menghasilkan spora yang beracun.

Setelah dipanaskan ulang dan dibiarkan pada suhu kamar, setiap spora yang terkandung di dalam nasi dapat berkembang biak. Hal itulah yang dapat menyebabkan resiko keracunan makanan saat mengonsumsi nasi.

3. Telur

Telur yang dimasak atau telur rebus dapat menyebabkan kerusakan serius jika terkena panas berulang kali.

Telur dingin yang tidak langsung dimakan memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Jika dipanaskan kembali, maka nitrogen yang terdapat pada telur bisa teroksidasi yang beresiko tinggi menjadi pemicu kanker.

4. Jamur

Jamur termasuk bahan makanan yang kaya akan protein. Jika dipanaskan kembali, maka akan terjadi proses pemecahan protein yang lebih lanjut yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Efek pemanasan kembali tersebut menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas.

Disarankan untuk makan jamur segera setelah dimasak. Idealnya, jamur tidak boleh disimpan untuk dikonsumsi pada hari berikutnya.

5. Makanan Bersantan

Makanan yang mengandung santan lalu dipanaskan lebih dari satu kali, membuat kandungan asam lemaknya berubah menjadi lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol jahat.

Terlalu banyak LDL (lemak jahat) dalam darah dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah, serta menyumbat aliran darah ke jantung dan otak.Di samping itu dampak buruk lain dari kelebihan lemak jahat berisiko sebabkan penyakit jantung, obesitas serta stroke.

6. Daging Ayam

Olahan daging ayam memang nikmat. Tapi, jangan sampai kamu memanaskan kembali daging ayam yang sudah dimasak.
Sama dengan telur, daging ayam termasuk makanan berprotein tinggi. Apabila mengalami proses pemanasan berulang dapat mengganggu pencernaan.

Selain itu, daging ayam yang sudah digoreng jangan dipanaskan menggunakan minyak. Karena berisiko meningkatkan lemak jenuh dengan jumlah berlipat serta kalori.

Memakan atau memanaskan sisa makanan yang terlalu lama disimpan, baik di dalam maupun di luar lemari es, dapat membahayakan kesehatan. Hal ini memungkinkan adanya kontaminasi mikroba pada proses penyimpanan yang terlalu lama.

Proses pengolahan, tempat penyimpanan, dan jenis makanan menjadi faktor penentu durasi penyimpanan yang aman. Namun, Anda sebaiknya tidak lagi makan makanan yang sudah disimpan lebih dari 3 hari.

Reza Herbal Indonesia