Inilah Manfaat Dan Resiko Bawang Bombay Untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Inilah Manfaat Dan Resiko Bawang Bombay Untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Kandungan gizi dalam bawang bombay memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berdasarkan buku Health Benefits From Foods and Spices, bawang bombay mengandung zat kimia yang dapat mencegah penyakit karena mampu mendetoksifikasi tubuh. Bawang bombay mengandung 90% air, serat makanan, gula, vitamin, dan mineral. Kandungan garamnya rendah sementara kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan asam folatnya tinggi Dua jenis asam amino, yaitu arginine dan asam glutamat ditemukan dalam jumlah besar.

Kandungan Bawang Bombay
Bumbu dapur ini juga terkenal karena rendah kalori sehingga dapat dikonsumsi untuk orang yang sedang diet. Selain itu kandungan lainnya yang dipunyai adalah vitamin, mineral, hingga antioksidan untuk mencegah paparan radikal bebas. Kandungan lengkap bawang bombay adalah protein, karbohidrat, serat, lemak, natrium, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B2, dan karoten total. Dengan banyaknya kandungan gizinya tersebut tentunya akan bisa memberikan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Berikut ini adalah berberapa manfaat bawang bombay untuk kesehatan adalah:

1. Dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bawang bombay mempunyai khasiat untuk menurunkan resiko terjadinya serangan jantung karena dapat menjaga tekanan darah.
2. Bawang bombay dapat membantu menjaga mood karena kandungan folat yang dipunyai. Kandungan tersebut dapat mengurangi depresi karena mengurangi terbentuknya homosistein, sehingga serotonin, dopamin, dan norepinefrin akan diproduksi lebih lancar.
3. Membuat sistem pencernaan lebih lancar karena bisa mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.
4. Bisa untuk meningkatkan kekebalan tubiuh dengan kandungan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.
5. Dapat mencegah penyakit kanker karena mempunyai antioksidan hingga senyawa organosulfur tinggi yang dapat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Resiko Mengonsumsi Bawang Bombay
Selain mendapatkan manfaat kesehatan, bawang bombay juga bisa memberikan resiko terhadap kesehatan apabila mengkonsumsinya secara berlebihan. Sehingga pastikan masyarakat untuk mengkonsumsinya dalam batas wajar. Karena seperti kandungan gizi yang baik lainnya juga dapat menyebabkan masalah kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Oleh karena itulah pastikan juga menjaga untuk mengkonsumsi bawang bombay dalam jumlah dan kadar yang masih memberikan manfaat kesehatan, bukan justru memberikan efek samping yang mengganggu kesehatan.

Adapun beberapa efek samping yang bisa didapatkan jika makan bawang bombay adalah:

1. Mengonsumsi bawang bombay dapat memberikan reaksi alergi. Hal tersebut karena bumbu dapur ini mempunyai kandungan aspirin yang dapat meningkatkan sensitivitas seseorang pada bahan ini. Sehingga hal tersebut akan membuat Anda mengalami reaksi alergi apabil mengkonsumsi dalam jumlah banyak.
2. Bawang bombay juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan gula. Akan tetapi penderita diabetes yang perlu menjaga gula tetap normal, sebaiknya cek kadar gula secara seksama sebelum mengonsumsi bawang bombay.
3. Bagi pengidap gangguan pendarahan dan pasien pasca operasi juga perlu untuk lebih bijak mengkonsumsi bawang bombay. Terutama bagi yang akan menjalani operasi karena bawang bombay dapat memperlancar proses pembekuan darah.

Karbohidrat dalam bawang dapat menumpukkan gas dalam perut dan menyebabkan kembung. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology menemukan, konsumsi bawang bombay mentah sebaiknya dihindari bagi Anda yang menderita maag kronis atau penyakit refluks asam lambung, karena dapat membuat perut mulas dan menyebabkan kambuh.

Selain bawang bombay, konsumsi daun bawang dalam jumlah besar sekali waktu dapat mengganggu kerja obat pengencer darah. Menurut para peneliti di University of Georgia, daun bawang mengandung banyak vitamin K yang menurunkan fungsi obat pengencer darah.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, bawang juga mengakibatkan reaksi alergi jika dikonsumsi dengan makanan tertentu. Orang dengan alergi bawang mungkin mengalami mata merah, gatal, dan ruam, bahkan hanya dengan menyentuh bawang.

Semoga Bermanfaat 😊
- Salam Sehat Bersama Reza Herbal Indonesia -