Inilah Segudang Manfaat Buah Duwet

Inilah Segudang Manfaat Buah Duwet

Buah adalah salah satu makanan yang memberi banyak gizi yang bagi tubuh.
Beragam macam buah bisa Anda temukan dipasar atau supermarket seperti buah semangka, melon, mangga, apel dan yang lainnya.

Namun apakah Anda pernah mendenagr buah duwet? Pasti Anda sangat penasaran dengan buah yang satu ini, karena buah duwet tidak sepopuler buah yang lainnya.

Buah duwet disebut juga buah jamblang, buah ini memiliki nama latin Syzygium cumini. Buah dengan berwarna gelap hitam ini bentuknya mirip dengan anggur dan rasa yang manis, asam, serta sepat.

Meski tidak terlalu dikenal, buah ini mengandung banyak zat gizi yang tentunya dapat memberikan khasiat yang menyehatkan.

Beberapa vitamin dalam buah jamblang adalah vitamin C, riboflavin, thiamin, folat, niacin, pyridoxine, asam pantotenat, dan kolin.

 

Manfaat Buah Duwet Bagi Kesehatan :

 

1. Menjaga kesehatan jantung

Memiliki kandungan potasium yang tinggi, buah duwet bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Dalam 100 gram buah duwet, terdapat kandungan sekitar 55 gram potasium.

2. Membantu mengatasi diare

Kandungan astringennya yang terdapat dalam buah duwet bersifat antibakteri, sehingga dapat menghambat bakteri dan mengurangi selaput lendir dalam usus.

3. Membantu mengendalikan diabetes

Studi yang dimuat di National Library of Medicine menunjukkan potensi buah duwet dalam mengendalikan diabetes melitus karena kandungan mineralnya yang dapat membantu produksi insulin.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat selanjutnya, buah duwet juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, biji dari buah ini mengandung asam ellagic, salah satu jenis polifenol yang bersifat antioksidan.

5. Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Ternyata, kandungan astringen dalam buah duwet tak hanya baik untuk pencernaan tapi juga untuk gusi dan gigi.

6. Mengurangi resiko anemia

Kandungan zat besi di dalam buah ini dapat berperan dalam proses pembentukan sel darah merah yang dapat membuat Anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

7. Mencegah infeksi

Selain antibakteri, buah duwet juga berfungsi sebagai zat antiinfeksi dan antimalaria.

Buah ini juga mengandung asam malat, tanin, asam galat, asam oksalat, dan asam betulic yang bisa membantu mencegah berbagai infeksi.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Buah duwet mempunyai sifat antioksidan dan antibakteri yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kulit dan juga membantu mencegah berbagai jenis masalah terkait kulit.

Reza Herbal Indonesia