Jangan Remehkan, Ini 5 Penyebab Mata Kuning yang Harus Anda Ketahui

Jangan Remehkan, Ini 5 Penyebab Mata Kuning yang Harus Anda Ketahui

โ€œMata kuning umumnya ditandai dengan menguningnya bagian putih mata atau sklera. Mata kuning adalah sebaiknya tidak dianggap remeh begitu saja. Pasalnya, kondisi ini bisa muncul umumnya sebagai tanda gangguan kesehatan tertentu. Beberapa penyebab kondisi ini bahkan bisa bersifat parah jika tidak segera ditangani.โ€œ

Inilah Berberapa Penyebab Mata Kuning Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mata kuning, di antaranya:

1. Penyakit kuning

Penyakit kuning disebabkan oleh penumpukan zat bernama bilirubin di dalam aliran darah. Penyakit kuning ditandai dengan gejala mata kuning dan kulit berwarna kuning. Penyakit kuning umumnya terjadi pada bayi baru lahir, tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Penyakit kuning pada bayi baru lahir disebabkan organ hati yang belum dapat berfungsi dengan baik, dan pada orang dewasa dapat menandakan adanya gangguan kesehatan, seperti hepatitis dan kanker pankreas.

2. Sirosis hati

Kerusakan organ hati bisa disebabkan oleh terbentuknya jaringan parut pada organ tersebu. Kondisi ini dapat memengaruhi fungsi hati dan menyebabkan mata kuning. Gejala lain yang menandai sirois hati adalah penurunan berat badan drastis, nafsu makan berkurang, dan mudah lelah.

3. Batu empedu

Mata kuning merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita batu empedu. Gejala ini juga disertai dengan nyeri dada, nyeri perut kanan atas, serta mual dan muntah.

4. Gangguan pankreas

Saluran pankreas dan saluran empedu bergabung untuk mengalirkan empedu ke usus kecil. Jika saluran pankreas terinfeksi atau tersumbat, empedu tidak dapat mengalir dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan mata kuning. Selain tersumbatnya aliran empedu, kanker pankreas juga dapat menyebabkan mata kuning.

5. Kelainan darah

Mata kuning juga bisa disebabkan adanya kelainan pada sel darah merah. Kelainan darah yang dimaksud dapat berupa anemia hemolitik, reaksi ketidakcocokan darah setelah transfusi darah, dan anemia sel sabit.

Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang juga dan dosis tinggi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya mata kuning.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan mata kuning adalah kondisi yang harus segera ditangani, terutama jika disertai gejala lain.

Semoga Bermanfaat ๐Ÿ˜Š
- Salam Sehat Bersama Reza Herbal Indonesia -