Daun Kemangi – Kenali Manfaatnya

    Daun kemanggi merupakan salah satu tumbuhan aromatik yang banyak ditemukan di benua Asia dan Afrika. Daun ini juga banyak ditemukan di Indonesia dan sering dijadikan sebagai lalapan atau pelengkap pada sajian makanan. Di balik rasanya yang segar ternyata daun ini menyimpan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan stres hingga mencegah kanker. Rasanya agak sedikit pahit dan sering digunakan pada campuran teh dan bahan herbal untuk pengobatan herbal.

Kandungan

Terdapat 23 kalori dan kandungan nutrisi pada 100 gram daun ini , di antaranya:

3 gram protein
177 miligram kalsium
295 miligram kalium
64 miligram magnesium
18 miligram vitamin C
3 miligram zat besi

Selain itu, daun kemangi juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, serat, fosfor, folat, zinc, serta vitamin A dan B.

Beragam Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

1. Mengatasi jerawat

       Minyak yang dihasilkan dari daun kemanggi dapat mengatasi tumbuhnya jerawat. Hal ini dikarenakan daun ini mengandung antibakterial yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit.

2. Menurunkan stres dan kecemasan

     Daun kemangi bertindak sebagai adaptogen, yaitu zat alami yang membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, mengatasi gangguan kecemasan, mengatasi gangguan tidur, serta meningkatkan daya ingat.

3. Menjaga sistem kesehatan pencernaan

     Dalam sebuah penelitian penyebutkan bahwa daun ini dapat mencegah gangguan pencernaan akibat luka pada lambung. Selain itu, dapat juga menurunkan kadar asam lambung, diare, disentri dan masalah pencernaan lainnya.

4. Mencegah kanker

      Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam daun ini mengandung antikanker yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

5. Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi

       Daun ini juga mengandung anti jamur dan anti bakteri yang dapat mempercepat penyembuhan pada luka dan menjaga infeksi pada luka.

Selain itu daun ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol gula, dan pemulihan penyakit stroke.

Alodokter

Salam Sehat Reza Herbal Indonesia 😊

~ The Solution For Your Health Problems ~