Cabai – Kenali Manfaatnya

     Cabai merupakan sayuran yang banyak disukai khususnya bagi para remaja dan orang dewasa yang menyukai makanan pedas. Cabai banyak digunakan atau disajikan dalam berbagai jenis makanan dan menambah cita rasa bagi makanan tersebut, seperti pada gorengan dan sering dihidangkan dengan lalap. Dibalik rasanya yang pedas ukurannya yang kecil dan membuat orang ketagihan ternyata cabai mempunyai manfaat untuk kesehatan.
Berikut beberapa manfaat cabai untuk kesehatan tubuh anda :

1. Melancarkan pernapasan

      Cabai dapat melebarkan saluran pernapasan di paru-paru sehingga punya manfaat bagi Anda yang memiliki penyakit asma.
Vitamin A pada cabai juga bisa menurunkan risiko radang paru-paru yang terjadi akibat merokok. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung benzopyrene yang menghancurkan vitamin A dalam tubuh.

2. Menurunkan risiko kanker

       Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam cabai, beberapa di antaranya adalah vitamin C, lutein, dan beta-karoten.
Antioksidan telah terbukti mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, salah satu pemicu kanker adalah paparan radikal bebas yang berlebihan.

3. Menjaga kadar gula darah

        Kandungan capsaicin yang terdapat di dalam cabai. Sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa capsaicin berpotensi menurunkan kadar gula darah.
Capsaicin bersifat antidiabetik dan dipercaya memberi efek positif bila dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

4. Memelihara kesehatan pencernaan

        Banyak orang yang menyebutkan bahwa cabai dapat menganggu pencernaan. Namun, jika anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan cabai dapat memelihara pencernaan anda.
Ketika capsaicin masuk ke dalam pencernaan, saraf-saraf yang ada di saluran pencernaan akan menghasilkan anandamide.
Anandamide adalah senyawa kimia yang membantu mengurangi inflamasi alias peradangan, termasuk yang sering terjadi akibat tukak lambung serta penyakit Crohn.

5. Meringankan rasa sakit

         Zat capsaicin tersebut kemudian bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. Selanjutnya, muncul sensasi panas dari cabai yang membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.
Tak mengherankan bila saat ini juga tersedia obat oles atau krim dengan kandungan capsaicin sehingga dapat digunakan untuk membantu mengatasi nyeri sendi serta cedera.

Alodokter

Salam Sehat Reza Herbal Indonesia 😊

~ The Solution For Your Health Problems ~