Konstipasi

Pengertian

  rhisehat.com-     Konstipasi merupakan suatu keadaan dimana susah buang besar sehingga perut akan menjadi tidak enak. Hal ini disebakan karena kekurangan serat dan pola makan yang tidak sehat.
Buang air besar merupakan tahapan terakhir dari proses pencernaan setelah semua nutrisi diserap oleh tubuh. Normalnya, frekuensi buang air besar 3x sehari samapi 3x dalam satu minggu. Jika anda terkena kontipasi maka anda akan sulit mengeluarkan tinja disebabkan tinja menjadi kering dan keras.

Faktor Penyebab Konstipasi

Pada sebuah penelitian dan dari beberapa pasien yang telah mengalaminya ada beberapa faktor yang menyebabkan konstiapsi diantaranya :

1.Makan makanan yang rendah serat.
2. Jarang atau tidak berolahraga sama sekali.
3. Usia. Konstipasi juga lebih sering dialami oleh lansia.
4. Minum obat-obatan tertentu, termasuk obat penenang, atau obat untuk tekanan darah tinggi.
5.Memiliki kondisi kesehatan mental, seperti depresi.

Gejala

Sembelit sering terjadi karena kurang pergerakan tinja sehingga proses pembuangannya tidak efektif, sehingga menyebabkan tinja menjadi kerin dan keras. Beberapa faktor konstipasi yang disebabkan oleh penyakit lain diantaranya :

1. Gangguan hormon, yang bisa disebabkan oleh diabetes, hiperparatiroidisme, kehamilan, atau hipotiroidisme
2. Gangguan pada otot penggerak usus, seperti pada dyssynergia.
3. Gangguan saraf, yang biasanya terjadi pada pengidap penyakit Parkinson, cedera saraf tulang belakang, stroke, dan multiple sclerosis.
4.Penyakit pada usus atau rektum, seperti penyumbatan usus, kanker usus besar, fisura ani, dan kanker rektum.

Gejala

1. Jangan menahan BAB
2. Olahraga secara teratur
3. Banyak minum air putih
4. Perbanyak makan makanan berserat tinggi, termasuk kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan sereal .
5. Jangan terlalu stres
6. Menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat

Pengobatan

Konstipasi dapat diatasi dengan membiasakan memakan makanan yang seimbang dengan mengonsumsi kandungan serat yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Selain itu, anda juga harus rajin berolahraga dan memenuhi cairan tubuh dengan meminum air mineral.
Sembelit juga dapat dicegah dengan tidak membiasakan menunda buang air besar.

Pantangan makanan

1. Susu dan produk susu

       Dalam sebuah penelitian anak anak yang mengalami konstipasi setelah meminum susu atau memakan produk olahan susu malah memperburuk keadaan. Namun jika anda terlanjur suka susu maka anda dapat menggantinya dengan susu kedelai.

2. Makanan yang mengandung gluten

      Gluten merupakan protein yang terkandung pada biji – bijian seperti gandum. Orang yang mengalami penyakit seliak jika mengonsumsi makanan yang mengandung protein ini akan menimbulkan gejala konstipasi.

3. Makanan cepat saji

       Mengonsumsi makanan cepat saji dalam porsi yang banyak dapat membuat anda terkena konstipasi karena makanan saji mengandung banyak lemak namun mengandung sedikit serat.

4. Daging merah

       Ada tiga alasan mengapa daging merah dapat memperburuk sembelit. Pertama, makanan ini mengandung sedikit serat, nutrisi yang menambah massa kotoran dan membantunya bergerak. Kedua, daging merah juga secara tidak langsung dapat mengurangi asupan serat harian total seseorang dengan menggantikan pilihan makanan yang berserat lebih tinggi. Ketiga, daging merah mengandung jumlah lemak yang lebih tinggi sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Untuk mengurangi risiko sembelit, Anda bisa menggantikan daging dengan makanan yang mengandung protein dan serat seperti kacang-kacangan, lentil, dan kacang polong.

5.Buah Kesemek

     Meski termasuk pada golungan buah – buahan ada beberapa varietas yang menjadi sebab konstipasi. Hal ini karena kesemek mengandung tanin, sejenis senyawa yang dapat memicu sembelit dengan memperlambat pergerakan usus sehingga bisa mengganggu pencernaan.


Kami berikan Rekomendasi Pengobatan Herbal Alami Dengan Harga Terjangkau

IDR Madu Hitam Pahit Solusi Mengatasi Masalah Konstipasi yang dapat memberikan kesembuhan total, Biidznillah…

Tentunya atas seizin Allah 😊

Konsultasi Sekarang Disini

Salam Sehat Reza Herbal Indonesia 😊

~ The Solution For Your Health Problems ~

idr madu hitam
madu hitam
obat konstipasi
konstipasi
gejala konstipasi
penyebab konstipasi
ciri konstipasi
tanda konstipasi
pengobatan konstipasi
cara mengobati konstipasi
cara mengatasi konstipasi