Makanan Pencegah Mata Minus

       Semua orang pasti menginginkan memiliki kesehatan pada tubuhnya termasuk kesehatan mata, karena mata merupakan panca indra yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari hari. Untuk mata anda yang bermasalah tentunya akan mempengaruhi aktivitas anda, apalagi bagi anda yang berprofesi sebagai peneliti atau profesi lain yang membutuhkan kejelian mata dan konsentrasi . Banyak produk mulai dari obat tetes mata, obat herbal untuk mengatasi beberapa masalah mata.Selain itu ada beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi mata minus diantaranya :

1. Alpukat

       Banyak orang yang menyukai buah satu ini karena daging buahnya yang lezat, biasanya buah ini dibuat jus buah, daging buahnya dicampurkan dengan gula merah, sop buah, dan olahan lainnya. Selain digunakan sebagai olahan ternyata buah alpukat juga bisa mengatasi mata minus karena terdapat lutein. Buah ini juga dapat membantu penyerapan nutrisi alpha karoten dan beta karoten yang sangat penting untuk pembentuk vitamin A.

2. Jeruk

        Selain kegunaannya untuk menjaga kekebalan tubuh, ternyata buah jeruk juga dapat digunakan untuk mengatasi mata minus, katarak dan menjaga kesehatan mata. Vitamin c yang terkandung pada jeruk ini dapat mengkal radiasi yang dapat merusak mata dan dapat membentuk kolagen yang dapat menjaga kejernihan kornea mata.

3. Ikan laut

        Ternyata ikan laut dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah pada mata anda, ikan laut tersebut diantaranya : salmon, makarel, dan tuna yang memiliki kandungan DHA yang tinggi.
Penurut penelitian DHA merupakan asam lemak yang banyak ditemukan pada retina mata. Jika anda kekurangan kandungan DHA kemungkinan anda akan mengalami masalah mata.

4. Telur

       Telur kaya akan protein yang termasuk pada makanan 4 sehat 5 sempurna. Kandungan lutein dan zeaxanthin bukan hanya terdapat pada tanaman hijau, ternyata telur juga memiliki kandungan tersebut yang dapat mencegah katarak dan degenerasi makular, penyakit serius pada retina mata.

5. Kacang almond

        Jenis kacang satu ini biasanya digunakan untuk kesehatan kulit. Selain itu, kacang almond juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin E yang terdapat pada kacang almond ini.

6. Sayuran hijau

       Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari pancaran sinar UV. Risiko terkena katarak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi sayuran hijau.

7. Wortel

       Sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran ini yang kaya akan Vitamin A. Vitamin ini sangat baik untuk menjaga mata anda tetap jernih, banyak orang yang menjadikan wortel sebagai olahan, jus, dimakan mentah untuk mengatasi masalah mata dan menjaga kesehatan matanya.