Makanan Untuk Pengidap Sinusitis

Makanan Untuk Pengidap Sinusitis dan beberapa pantangannya

pengidap sinusitis

Apabila sedang mengalami sinusitis ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari aktivitas hingga makanan. Karena dengan tidak menjaga pola makan, ini dapat membuat kondisi menjadi lebih parah lagi. Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan pada dinding sinus yang dilapisi membran penghasil lendir di dalam rongga hidung.

Berikut beberapa makanan yang membantu meringankan gejala sinusitis adalah sebagi berikut :
Air panas
Minum air hangat di pagi hari ditambah dengan sejumput kunyit dan lada. Air hangat membantu menenangkan tenggorokan, sedangkan kunyit bermanfaat untuk membunuh bakteri dan lada hitam untuk mengurangi peradangan. Hal ini jika dilakukan akan memberikan kelegaan instan pada tubuh dan membantu mengurangi sinus.

Susu hangat dengan kunyit
Kunyit dan susu adalah kombinasi terbaik untuk menyembuhkan segala jenis peradangan, sakit atau flu. Susu memiliki enzim penambah kekebalan sedangkan kunyit memiliki sifat anti bakteri.

Teh herbal
Selain teh herbal saja tambahkan bahan-bahan lainnya seperti lada hitam, cengkeh, daun kemangi, dan jahe. Setelah direbus dan saring tambahkan lagi madu. Yang mana teh herbal ini sangat bermanfaat membantu menyembuhkan sinus. Sebagaimana daun kemangi dikenal untuk mengeluarkan lendir sedangkan jahe, madu, cengkeh, lata hitam semuanya kaya akan sifat anti-inflamasi dan anti bakteri.

Sup ayam
Sup ayam dengan tambahan sedikit lada hitam merupakan cara terbaik untuk meredakan flu. Karena dengan berbagai bahan tambahan, maka dapat membantu menenangkan peradangan.

Pantangan pengidap sinusitis

Berada di udara yang kering
Karena kondisi ini dapat membuat kondisi sinus lebih parah dikarenakan tidak ada kelembapan yang dihirup oleh hidung.

Konsumsi minuman beralkohol
Minuman beralkohol memang tidak baik bagi kesehatan, dan ini sudah menjadi pantangan bagi penderita sinus. Meskipun harus memperoleh banyak cairan namun bukan berarti minum minuman beralkohol. Alkohol justru bisa membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan sinus serta lapisan hidung membengkak.

Berenang
Manfaat dari olahraga berenang diantaranya untuk kesehatan seperti melatih pernapasan dan otot-otot tubuh. Namun, bagi penderita sinus sebaiknya menghindari olahraga ini. Karena kandungan klorin pada air kolam renang bisa masuk ke telinga dan memparah iritasi. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Membuang ingus terlalu kencang
Saat membersihkan hidung dari ingus janganlah terlalu kuat saat membuangnya karena bisa membuat iritasi saluran hidung. Dan cara ini juga berisiko mendorong lendir yang mengandung bakteri ke dalam sinus.

Merokok
Berdasarkan penelitan menyebutkan bahwa asap rokom bisa meningkatkan risiko infeksi sinusitis. Bagi perokok aktif maupun pasif, menghirup kepulan asapnya pun sudah berisiko terkena infeksi. Racun dalam rokok bisa menyebabkan iritasi pada saluran napas bagian atas. Amonia dan formaldehid juga bisa menyebabkan hidung dan sinus memproduksi lebih banyak lendir. Dan jika ini terjadi maka akan rentan mengalami pilek, alergi, sampai gangguan pada paru-paru.

Produk susu dan olahannya
Makanan dan minuman seperti susu, keju, yoghurt, dan lainnya merupakan pantangan makanan yang harus dihindari. Karena produk susu dan olahan dapat meningkatkan produksi lendir dan dahak yang berisiko memperparah gejala sinusitis.

Hellosehat & lifestyle