Masih Percaya Minum Air Es Dapat Berdampak Buruk Pada Haid? Simak Penjelasan Berikut

Masih Percaya Minum Air Es Dapat Berdampak Buruk Pada Haid? Simak Penjelasan Berikut

Sampai saat ini, informasi bahwa minum air es saat haid dapat membuat darah haid beku masih banyak dipercaya oleh masyarakat.
Padahal semua itu hanyalah mitos belaka, yang mempengaruhi haid dan siklus haid adalah hormon, tidak ada kaitannya dengan minum air dingin.
Air es memang dapat merangsang penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi pendarahan. Namun ini hanya berlaku untuk pemakaian luar seperti saat anda menngunakan kompres air dingin untuk pertolongan pertama saat menghentikan pendarahan saat terluka.
Perlu digarisbawahi bahwa haid bukanlah karena adanya luka dalam tubuh, akan tetapi proses meluruhnya lapisan dinding rahim ketika sel telur tidak dibuahi dan ikut meluruh dan dikeluarkan melalui lubang vagina.
Setiap wanita memiliki panjang siklus menstruasi yang berbeda-beda, kadang kala bisa datang lebih cepat atau justru lebih lambat. Hal ini tergantung dari kondisi masing-masing wanita.
hal ini disebabkan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh.
Minuman dingin tidak memengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak memengaruhi siklus menstruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi.

Lantas Bolehkah Minum Air Es Saat Haid?

Tidak ada riset atau penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa air es dapat berdadmpak buruk pada haid.
Faktanya, minum air putih yang banyak , baik itu air biasa,air es, tau air hangat justru sangat dianjurkan untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, minum air putih selama haid juga bisa membantu meringankan gejala menstruasi seperti kram perut, perut kembung, dan gejala-gejala lain yang biasa dialami wanita saat menstruasi.

Minuman Yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid

Alih-alih menghindari minum air es saat haid, sebaiknya Anda menghindari beberapa minuman berikut karena terbukti secara ilmiah dapat mengganggu kelancaran haid dan kesehatan reproduksi.
1. Kopi
2. Teh
3. Minuman Bersoda
4. Alkohol