Minuman Pereda Stres Yang Bisa Meningkatkan Mood

Minuman Pereda Stres Yang Bisa Meningkatkan Mood

Belakangan ini jika anda sedang merasa lelah, mudah marah dan merasa serba salah. Kemungkinan anda sedang mengalami stres. Jika sedang dalam keadaan stres, tentu wajar bila anda mencari jalan keluar dari apa yang dirasakan.

Anda bisa mencoba banyak cara untuk meredakan dan menghilangkan stres.
Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman tertentu yang menyehatkan dan dapat membantu kita merasa lebih baik setelah dilanda stres.
Mengonsumsi minuman penghilang stres adalah salah satu cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kondisi ini.

Selain air putih, minuman sehat di bawah ini mengandung nutrisi baik yang telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan kadar hormon stres kortisol, dan meningkatkan kadar hormon “bahagia” atau mood baik seperti serotonin.

Berikut Beberapa Minuman Yang Membantu Meredakan Ketika Sedang Stress:

1. Teh hijau
Kandungan asam amino L-theanine dalam teh hijau memberikan efek relaksasi. Sebuah penelitian menyatakan, orang yang mengonsumsi empat cangkir teh hijau setiap hari cenderung memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.
Selain itu, kandungan serotonin dan dopamine yang terdapat dalam teh hijau diketahui dapat membantu melawan kecemasan. Tak hanya melawan kecemasan, kedua senyawa tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.


2. Air kelapa
Air kelapa kaya akan kandungan elektrolit, vitamin C, magnesium, serat, kalsium, riboflavin, serat pangan dan mangan yang merupakan minuman penghilang stres. Mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, membuat otot lebih rileks, meningkatkan sirkulasi darah, menambah energi, dan memperbaiki kualitas tidur.
Tak hanya itu, kandungan kalium yang terdapat dalam air kelapa juga memiliki manfaat untuk tekanan darah dan fungsi jantung.


3. Kunyit
Kandungan Senyawa kurkumin yang ada dalam kunyit dikaitkan dengan pengobatan kecemasan, depresi, serta masalah kesehatan mental lain. Kurkumin diketahui dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamine dalam tubuh, yang bermanfaat memperbaiki suasana hati.
Penelitian menyatakan, mengkonsumsi kunyit mungkin sama efektifnya dengan antidepresan, juga memiliki efek samping yang sedikit.


4. Air jahe
Kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam jahe diketahui dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.
Jahe mengandung zat antioksidan yang disebut dengan gingerol yang memiliki kemampuan menenangkan tubuh saat stres.


5. Susu hangat
Minuman penghilang stres ini mempunyai kandungan asam amino triptofan, yang berperan dalam proses produksi serotonin. Serotonin memiliki efek menenangkan dan bisa membantu memperbaiki suasana hati. Supaya manfaatnya lebih maksimal, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu hangat Anda.


6. Aneka smoothie
Selain rasanya yang lezat, smoothie memiliki banyak kandungan contohnya dalam smoothie blueberry. Kandungan vitamin C yang ada pada smoothie blueberry dipercaya ampuh meningkatkan kadar imun di dalam tubuh untuk melawan stres yang melanda.

Jangan biarkan stres menimpamu dalam jangka waktu yang lama. Tangkal dengan minuman penghilang stress di atas agar kamu bisa beraktivitas dengan lancar dan maksimal. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat
Salam Sehat Reza Herbal