Papiloma

Pengertian Penyakit Papiloma

Papiloma adalah istilah medis untuk menggambarkan tumor di kulit atau selaput lendir lainnya. papiloma biasanya jinak. Tapi, ada sebagian kecil papiloma yang bisa meningkatkan risiko kanker. Papiloma dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Di kulit, papiloma dikenal sebagai kutil dan bisa terjadi di tangan, kaki, atau lutut. Papiloma kerap dikenal dengan kutil.

Benjolan ini sekilas terlihat mirip puting berukuran kecil. Papiloma jinak tidak perlu dikhawatirkan. Tapi, setiap penderita papiloma perlu waspada jika benjolan ini menyebabkan rasa sakit, iritasi, dan rasa tidak nyaman lainnya.

Penyebab Penyakit Papiloma

Sebagian besar kasus papiloma disebabkan infeksi virus human papillomavirus (HPV). Sedangkan papiloma yang tumbuh di saluran kemih, penelitian menunjukkan penyebabnya bisa berasal dari kebiasaan merokok dan faktor lainnya.

Selama ini infeksi HPV disebut terkait dengan kanker serviks. Namun, ahli mengatakan bahwa infeksi HPV baru bisa berkembang menjadi kanker dalam waktu antara 10-30 tahun.

Penyebab HPV adalah virus human papillomavirus tipe 6, 11, 16, dan 18, yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks. HPV ditularkan melalui hubungan intim. Virus dapat menyebar, meskipun seseorang yang membawa virus tidak memiliki gejala atau tidak merasa sakit apapun. Kutil dan kanker serviks dapat terbentuk setelah beberapa tahun terpapar HPV.

Gejala Penyakit Papiloma

Infeksi virus HPV sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun pada beberapa kasus, virus ini dapat bertahan hingga menimbulkan gejala berupa tumbuhya kutil di permukaan kulit. Kutil bisa tumbuh di lengan, tungkai, wajah, dan kelamin. Berikut adalah ciri-ciri kutil pada kulit sesuai dengan area tumbuhnya :

  • Kutil yang tumbuh di bahu, lengan, dan jari tangan berbentuk benjolan yang terasa kasar. Kutil ini dapat terasa sakit dan rentan mengalami perdarahan.
  • Kutil yang tumbuh pada telapak kaki (plantar warts) Berbentuk bejolan keras dan terasa kasar, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat menapak.
  • Kutil di daerah wajah memiliki permukaan yang datar (flat warts). Pada anak-anak, lebih sering muncul di daerah rahang bawah.
    Kutil kelamin berbentuk seperti kembang kol dan bisa tumbuh pada kelamin wanita maupun laki-laki. Selain di kelamin, kutil juga bisa tumbuh di dubur dan menimbulkan rasa gatal.

Pantangan Mankanan Papiloma

  • Segala kemungkinan alergi makanan (susu, kedelai, jagung, dan bahan tambahan makanan)
  • Makanan olahan seperti roti putih dan pasta
  • Daging merah
  • Ikan, terutama ikan asin, tongkol, bandeng, dan seafood
  • Telur
  • Makanan olahan dengan lemak trans
  • Mentimun, kacang panjang
  • Kafein, Alkohol dan minuman jenis stimulan lainnya
  • Merokok

Kami berikan Rekomendasi Pengobatan Herbal Alami Dengan Harga Terjangkau

IDR Madu Hitam Solusi Mengatasi Masalah Papiloma yang dapat memberikan kesembuhan total, Biidznillah…

Tentunya atas seizin Allah 😊

Konsultasi Sekarang Disini

idr madu hitam
madu hitam
obat papiloma
papiloma
gejala papiloma
penyebab papiloma
ciri papiloma
tanda papiloma
pengobatan papiloma
cara mengobati papiloma
cara mengatasi papiloma