PMS (Premenstrual Syndrome)

PMS (Premenstrual Syndrome)

Pengertian PMS

PMS adalah Serangkaian kombinasi dari gejala fisik dan emosional yang dialami wanita sebelum haid.

Umumnya, gejala PMS muncul 1 sampai 2 minggu sebelum hari pertama menstruasi setiap bulannya.Tingkat keparahan gejala yang muncul berbeda-beda pada setiap wanita, mulai dari ringan, seperti kelelahan, hingga gejala yang lebih parah, seperti depresi.

Sindrom pramenstruasi atau PMS sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas.

Penyebab PMS

Penyebab munculnya gejala PMS masih belum diketahui secara pasti, tetapi juga bisa dipengaruhi olehperubahan hormon esterogen dan progesteron menjelang dan selama masa menstruasi.
Beberapa subtansi di dalam tubuh (seperti prostaglandin) mungkin juga dapat menyebabkan PMS. Ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu terjadinya PMS,yaitu 

  • Perubahan hormon
    Tanda dan gejala sindrom prahaid berubah-ubah sesuaidengan naik turunnya hormon. Hal ini akan hilang jika wanita mengalami kehamilan atau telah menopause
  • Perubahan zat kimia
    Naik turunnya serotonin, yaitu zat kimia di otak yang mengatur suasana hati, juga dapat memicu terjadinya PMS. kurangnya jumlah serotonin di otak dapat menyebabkan perubahan emosi, seperti rasa gelisah yang berlebihan
  • Depresi
    Beberapa wanita dengan PMS berat mengidap depresi yang tidak terdiagnosis. Namun, hal itu bukan berarti depresi menyebabkan semua gejala PMS.

Gejala Dan Tanda-Tanda PMS

Tanda-tanda PMS pada wanita bisa berupa gejala fisik maupun emosional.
Gejala dan tanda PMS secara fisik diantaranya:

  • Payudara membengkak dan lebih lunak
  • sembelit atau diare
  • Perut kembung dan terasa banyak gas
  • Kram
  • Sakit kepala atau sakit punggung
  • Lebih peka pada cahaya dan suara bising
  • Muncul jerawat

Sedangkan tanda-tanda PMS secara emosional di antaranya:

  • Mudah marah
  • Merasa kelelahan
  • Susah tidur atau ingin tidur terus
  • Susah konsentrasi dan mudah lupa
  • Mudah cemas
  • Sedih dan jadi gampang nangis
  • Suasana hati mudah berubah

Konsultasikan ke dokter apabila gejala dan tanda-tanda PMS di atas sampai mengganggu aktivitas sehari-hari

Cara Mudah Mengatasi Gejala PMS
Keluhan gejala PMS yang masih bersifat ringan dapat diatasi dengan cara sederhana di rumah.
Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi gejala PMS:
1. Makanan Yang Mengandung Kalsium
Kalsium dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi. Direkomendasikan untuk wanita berusia 19-50 tahun mengkonsumsi sekitas 1000 mg kalsium setiap harrinya. Berikut adalah daftar makanan yang kaya akan kalsium seperti makanan berbasis susu, sayuran hijau, biji wijen, roti gandum, beras merah, kentang.
Kalsium juga bisa di dapat dari suplemen.Akan tetapi, konsultasikan dahulu dengan doktersebelum mengkonsumsi suplemen untuk memastikan suplemen tersebut aman.
2. Kayu Manis
Kayu manis juga bisa membantu mengurangi kram saat menstruasi. Kayu manis kaya akan serat kalsium, dan zat besi. Selain itu, kayu manis juga mengandung mangan, mineral yang dapat membantu mengurangi masalah-masalah saat menstruasi.
3. jahe
Jahe dapat membantu meringankan masalah-masalah kesehatan seperti demam, flu, sakit kepala, dan nyeri haid. Meminum sepotong jahe yang dicampurkan ke air hangat dapat membantu meringankan kram saat menstruasi
4. Membatasi Konsumsi Minuman Beralkohol Dan Berkafein
Sindrom Pramenstruasi juga sering menyeybabkan perut kembung dan susah tidur. Untuk mencegah hal tersebut kian memburuk, batasi mengkonsumsi minuman beralkohol dan berkafein, seperti kopi dan teh.
5. Olahraga
Saat berolahraga tubuh akan melepas hormon endorfin yang dapat memicu perasaan senang, membuat tubuh lebih rilekx, dan mengurangi rasa sakit akibat PMS.
Tidak hanya mengatasi gejala PMS, olahraga juga dapat mengurangi stres, kelelahan, susah tidur, dan depresi.
6. Beristirahat Yang Cukup
Kurang tidur diketahui dapat menimbulkan gejala PMS, seperti kelelahan, kecemasan, dan mood swing. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu mencukupi waktu istirahat setidaknya 7-8 jam setiap malam untuk mencegah keluhan tersebut. Kamu juga disarankan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih, mengkonsumsi buah-buahan, dan menghindari makanan cepat saji.

Semoga Bermanfaat
Salam Sehat Reza Herbal