Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan, Inilah 4 Sisi Positif Merokok yang Jarang Diketahui

Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan, Inilah 4 Sisi Positif Merokok yang Jarang Diketahui.

Merokok telah menjadi trend di setiap kalangan, baik laki-laki dewasa, wanita bahkan anak-anak.Soal bahaya merokok sudah banyak artikel yang mengupas tuntasnya, salah satunya ada yang menyebutkan bahwa di setiap isapan rokok tersimpan 4.000 macam racun.

Namun, selalu ada sisi berseberangan sebuah hal, maka merokok pun memiliki sisi baiknya. Apa itu?
1. Merokok menurunkan risiko operasi sendi lutut

Sebuah penelitian baru menghasilkan temuan yang mengejutkan.

Pria yang suka merokok ternyata kecil risikonya menjalani operasi penggantian sendi dibandingkan dengan mereka yang tak pernah merokok.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Adelaide di Australia itu disebarluaskan di Journal Arthritis & Rheumatism edisi Juli.

Lalu, apa hubungannya? Operasi lutut itu umum terjadi di kalangan pejoging dan yang menderita kegemukan.

Sedangkan perokok, kita tahu, mereka jarang lari pagi dan kecil kemungkinan untuk obesitas.


2. Merokok menurunkan risiko penyakit Parkinson

Beberapa penelitian telah mengidentifikasi hubungan terbalik yang aneh antara merokok dan Parkinson.Perokok kawakan (maksudnya sudah lama merokok), entah bagaimana, terlindungi dari penyakit Parkinson.

Penelitian yang dilakukan pada Maret 2010 dan diterbitkan di Journal Neurology memang tidak menguliti soal ini, namun peneliti menemukan bahwa semakin lama merokok semakin terlindungi.

Sebelumnya, Maret 2007, peneliti dari Harvard menemukan kenyataan bahwa efek perlindungan terhadap Parkinson itu berkurang jika perokok berhenti.
Tapi tidak ada penjelasan yang ilmiah soal mengapa hal itu terjadi.

3. Merokok menurunkan risiko obesitas


Nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan zat penekan selera makan.

Ini sudah diketahui berabad-abad lalu, setidaknya merujuk ke kebudayaan asli di Amerika sebelum zaman Columbus.


4. Merokok membantu obat jantung clopidogrel bekerja dengan lebih baik

Clopidogrel adalah obat yang digunakan untuk mencegah pengentalan darah bagi pasien yang menderita penyakit jantung koroner dan penyakit sirkulasi darah lainnya.

Merokok membantu clopidogrel melakukan tugasnya dengan lebih baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti Korea dan disebarkan melalui Journal Thrombosis Research pada Oktober 2010 menunjukkan keuntungan merokok setidaknya 10 batang per hari.

Sepertinya sesuatu yang ada di rokok mengaktifkan protein tertentu yang dikenal cytochromes yang mengubah clopidogrel menjadi aktif.

Sekali lagi, tentu tak seorang dokter pun mau menganjurkan pasiennya untuk merokok sebagai bagian dari resep agar clopidogrel bekerja lebih bagus.

Tetapi, “keuntungan” ini dan empat lainnya mengungkapkan bagaimana tembakau mengandung senyawa-senyawa yang bernilai pengobatan juga. Selebihnya, semua di tangan Anda.