Ragam Manfaat Bunga Mawar

Ragam Manfaat Bunga Mawar

Selain dikenal dengan keindahannya, bunga mawar juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain sebagai tanaman hias, bunga mawar bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Bunga mawar bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain itu, beberapa bagian dari bunga mawar bisa dimanfaatkan. Seperti air mawar yang dapat mempercantik kulit, kelopak dan kuncup bunga mawar pun dapat dijadikan teh herbal aromatik yang mempunyai beragam manfaat.

Selain keindahan dan keharumannya, bunga mawar mengandung banyak zat yang penting bagi kesehatan. Diantaranya bunga mawar mengandung vitamin C yang bermanfaat guna meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas dan kelembaban kulit.

Selain memiliki vitamin C, masih banyak kandungan lain yang terdapat pada bunga mawar. Di dalam bunga mawar setidaknya terkandung:

Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B, Zat tanin, Geraniol, Nerol, Pectin, Terpena dan terpenoid (Minyak Atsiri), Flavonoid, Asam geranik, Polifenol, Vanillin, Karotenoid, Vitamin Esensial, Eugenol, Farnesol, Stearopten, Feniletil alkohol (Phenethyl alcohol) 

Manfaat Bunga Mawar

Banyak orang mungkin sudah mengetahui manfaat bunga mawar untuk kacantikan namun, tahukah Anda bahwa manfaat kelopak bunga mawar juga baik untuk tubuh

Berikut beberapa khasiat bunga mawar untuk kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Kulit adalah lapisan terluar tubuh manusia yang sering terkena paparan sinar ultraviolet, radiasi, zat kimia, dan polusi. Berikut khsiat bunga mawar untuk kesehatan kulit antara lain :
– Membuat kulit terasa halus
– Mencerahkan kulit wajah
– Menjadi pelembab alami yang melembabkan kulit
– Mengatasi kulit berjerawat
Bunga mawar juga mengandung zat antiperadangan yang mampu meringankan berbagai masalah kulit, seperti eksim dan rosacea. Selain itu, manfaat bunga mawar untuk wajah adalah sebagai inhibitor elastase dan kolagenase sehingga kulit tidak mudah kemerahan, sekaligus dapat mencegah penuaan dengan mengurangi garis halus maupun kerutan di wajah. Berikut khasiat bunga mawar untuk wajah

a. Obat Jerawat
Salah satu khasiat bunga mawar yaitu sebagai obat jerawat alami. Cara mengatasi masalah kulit berjerawat bisa dengan memanfaatkan air mawar. Ini dikarenakan kelopak bunga mawar memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat. Selain itu, terdapat etanol fenil atau senyawa antiseptik yang mampu mencegah jerawat untuk tumbuh di kulit.

b. Melembabkan Kulit Wajah
kegunaan air mawar lainnya yaitu untuk mengatasi masalah kulit kering. Ada banyak masalah yang ditimbulkan karena kulit kering, seperti mudah iritasi, jerawat, dan penuaan dini. Karena kandungan pelembab alami dan antioksidannya, tidak heran bila khasiat bunga mawar adalah sebagai pelembab wajah yang baik.

c. Mengatasi Peradangan pada Kulit
Khasiat bunga mawar yang selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan atau inflamasi pada kulit. Selain mengandung zat antioksidan dan antibakteri, bunga mawar juga memiliki sifat anti-inflamasi. Karena itulah bunga mawar aman untuk digunakan semua jenis kulit termasuk kulit yang sensitif dan mudah terkena jerawat. Bahkan bunga ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah inflamasi di kulit akibat faktor lain seperti eksim.

d. Menghambat Penuaan Dini
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa salah satu khasiat bunga mawar adalah menghambat penuaan dini. Air mawar dapat mengurangi garis halus atau kerutan di wajah. Karena air mawar mengandung zat pelembab sekaligus antioksidan. Kandungan antioksidan sendiri diketahui mampu menangkal radikal bebas serta mengatasi masalah kerusakan kulit yang membuat kulit tampak lebih tua dan berkeriput.

Karena kandungan yang terdapat pada bunga mawar, seperti antioksidan dan anti-inflamasi inilah yang dapat membantu mengatasi penuaan dini dan masalah radang kulit lainnya.

Baca juga artikel : 7 Manfaat Gel Lidah Buaya untuk Kecantikan, Bantu Kulit Tampak Sehat Alami

2. Baik untuk saluran pencernaan

Salah satu manfaat bunga mawar adalah menyehatkan saluran pencernaan. Ini dikarenakan kelopak bunga mawar mampu melancarkan aliran empedu. Buanga mawar dan olahannya seperti air mawar juga berfungsi mirip zat laksatif yang dapat meningkatkan produksi air pada saluran pembuangan.

3. Baik untuk saluran pernapasan

Bunga mawar juga mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa fenolik ini meminimalkan radikal bebas berbahaya dan memiliki efek antiinflamasi, antikanker, dan antidepresan sehingga mampu meredakan radang tenggorokan.

4. Menyehatkan mata

Bunga mawar yang sudah diolah menjadi air mawar juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat tetes mata alami. Kondisi ini dapat membantu mengobati konjungtivitis (mata merah), xerosis konjungtiva (mata kering), dakriosistitis akut kondisi degeneratif seperti pterigium atau pinguecula, atau bahkan katarak. Dalam jurnal Opthalmology and Eye Diseases, sifat antiseptik pada air mawar dapat mendorong pembentukan histamin oleh sistem kekebalan tubuh yang telah terbukti bermanfaat untuk mencegah dan mengobati infeksi.

Baca juga artikel : Penyebab Mata Kuning

5. Menyembuhkan luka

Selain anti-inflamasi, bunga mawar juga memiliki kandungan zat antiseptik dan antibakterial, yang dapat mempercepat penyembuhan luka, seperti luka bakar, luka gores, maupun bekas luka. Kandungan antiseptik dalam bunga mawar juga dapat merangsang produksi histamin oleh sistem imun. Histamin terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meredakan sakit kepala

Manfaat bunga mawar yang satu ini bisa dirasakan melalui minyak esensial yang ada pada bunga mawar. Menurut ahli, aroma pada minyak esensial ini dipercaya dapat meredakan sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah alias migrain. Menghirup aroma minyak esensial mawar juga dapat memperbaiki mood dan menghindarkan dari rasa cemas maupun depresi.

Baca juga artikel : Sakit Kepala, Penyebab, Gejala Dan Cara Mencegahnya

7. Mencegah demensia dan Alzheimer

Dalam penelitian yang terbit dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences disebutkan bahwa bunga mawar mengandung beberapa komponen seperti flavonoid dan terpene yang dapat menghambat kerja protein yang disebut amyloid. Kehadiran protein ini dapat mengganggu kerja otak, membunuh sel-sel otak, dan mengurangi kemampuan untuk mengingat, yang akhirnya berakhir menjadi penderita demensia atau Alzheimer.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bunga mawar dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang dapat melawan virus dan bakteri yang berbahaya. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas dan mencegah timbulnya infeksi tubuh. Selain antioksidan, bunga mawar juga mengandung vitamin C sehingga bisa menjadi alternatif untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit.

9. Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa bunga mawar dapat meningkatkan metabolisme tubuh? Karena inilah khasiat bunga mawar dipercaya dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu, bunga ini pun dapat membersihkan berbagai racun dari dalam tubuh. Bila dikonsumsi dengan benar.

10. Kaya akan antioksidan

Manfaat bunga mawar juga bisa menjadi sumber antioksidan bagi kesehatan tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang membantu memerangi efek radikal bebas, yakni molekul reaktif yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif. Senyawa ini memiliki sifat antikanker, antimikroba, antiinflamasi, dan analgesik. Bunga mawar juga kaya akan antosianin yang dapat memberi manfaat kesehatan bagi saluran kemih, mata, meningkatkan daya ingat, mencegah penuaan, dan mengurangi risiko kanker.

11. Meredakan nyeri haid

Manfaat lain bunga mawar bagi kesehatan tubuh adalah meredakan nyeri haid. Sebuah penelitian berjudul “Rose tea for relief of primary dysmenorrhea in adolescents: a randomized controlled trial in Taiwan” menyebutkan, nyeri haid menyerang sekitar 50% perempuan. Untuk mengatasi gejala tersebut, banyak perempuan memilih metode alternatif, salah satunya adalah mengonsumsi teh bunga mawar.

Baca juga artikel : Manfaat Minum Air Kelapa Saat Haid

12. Bebas kafein

Salah satu manfaat bunga mawar bagi kesehatan adalah sebagai minuman yang bebas kafein. Pada umumnya, minuman panas yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat mengandung kafein, seperti kopi, teh hitam, atau cokelat panas. Kafein memang menawarkan berbagai efek positif bagi tubuh. Namun, dilansir dari sebuah sudi berjudul “A review of caffeine’s effects on cognitive, physical and occupational performance”, banyak orang yang tidak bisa mentoleransi efek samping kafein. Mengutip studi berjudul “Rose Petal Tea as an Antioxidant-rich Beverage: Cultivar Effects”, orang yang mengonsumsi kafein dapat menyebabkan perasaan cemas dan meningkatkan tekanan darah tinggi. Namun teh bunga mawar secara alami bebas kafein sehingga bisa menjadi pengganti beberapa minuman berkafein lainnya. Perlu diingat bahwa teh bunga mawar yang bebas kafein terdiri dari 100 persen kelopak atau kuncup bunga mawar, tanpa campuran bahan teh lainnya.

13. Merontokkan Ketombe

Bukan hanya shampo yang bisa menjadi penangkal ketombe, air mawar juga dapat menjadi bahan pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Sifat antiinflamasi pada air mawar menjadikannya membantu mengurangi minyak di rambut dan ketombe.

Baca juga artikel : Ketombe Sangat Membandel ? Ini Yang Harus Ketahui !

14. Mengatasi Infeksi saluran Kemih

Jenis penyakit yang terjadi pada saluran kencing ini, juga dapat di atasi dengan bunga mawar. Selain itu, bunga mawar juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang dipicu oleh bakteri.

Itulah beberapa khasiat bunga mawar untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki kandungan yang baik seperti antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, vitamin C, dan vitamin E, bunga mawar dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Bahkan bunga ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Aromanya yang segar pun dapat dimanfaatkan sebagai metode relaksasi agar terhindar dari depresi dan stres.