Sering Ngerasa Gak Pede Karena Bau Mulut? Simak Penjelasannya Disini

Sering Ngerasa Gak Pede Karena Bau Mulut? Simak Penjelasannya Disini

Sekilas Tentang Bau Mulut

Bau mulut kerap menjadi pemicu rasa kurang percaya diri dan bisa dirasakan semua orang di semua usia.
Bau mulut dalam istilah medis disebut halitosis, kondisi ini umumnya diakibatkan oleh bakteri yang berkembang liar dalam mulut. Bakteri-bakteri ini menghasilkan gas sulfur (belerang). Akibatnya ketika Anda membuka atau membuang napas lewat mulut, keluarlah bau yang menyengat.

Penyebab Bau Mulut

Ada banyak sekali penyebab anda memiliki bau mulut yang tidak sedap.
Mulai dari makanan sampai tanda-tanda dari penyakit serius.
Berikut kami rangkum beberapa penyebab terjadinya bau mulut.

1. Dehidrasi
Ketika anda kekurangan cairan atau kurang minum, maka mulut akan menjadi kering dan produksi air liur menjadi berkurang, sedangkan air liur berfungsi untuk membunuh bakteri. Bakteri yang menempel kemudian menghasilkan gas sulfur yang gas sulfur inilah yang membuat napas menjadi bau tak sedap.

2. Makanan atau minuman tertentu
Bau mulut yang diakibatkan makanan ini biasanya tidak menetap atau bisa hilang dengan sendirinya.
Adapun makanan yang biasanya menimbulkan bau tidak sedap diantaranya adalah kopi, bawang, petai, jengkol, rempah-rempah dll.

3. Kebersihan mulut tidak dijaga
Sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi dan lidah dapat menimbulkan plak sehingga menimbulkan bau mulut tidak sedap.
Oleh karena itu, sangat penting untuk anda membersihkan gigi dengan sikat gigi dengan teratur dapat menghilangkan sisa makanan yang terperangkap di gigi sebelum menjadi pemicu bau mulut

4. Merokok
Orang yang merokok cenderung memiliki penyakit bau mulut yang tidak sedap akibat dari pengaruh zat-zat kimia yang terkandung di dalam batang rokok.
Merokok dapat menurunkan produksi air liur dalam mulut, sehingga mulut jadi lebih kering. Ketika mulut Anda kering, maka akan semakin banyak bakteri yang berkembang biak di dalam mulut.

5. Asam lambung naik
Aroma tak sedap yang keluar dari mulut Anda juga bisa disebabkan karena asam lambung naik akibat GERD. GERD merupakan kondisi ketika asam lambung naik sampai kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.
Saat asam lambung naik, biasanya Anda akan mengalami perut mulas dan rasa pahit atau asam di mulut. Efek lain yang juga bisa Anda rasakan adalah mulut berbau tak sedap.

6. Infeksi di mulut
Mulut bau juga dapat disebabkan karena Anda mengalami infeksi di area mulut, hidung, atau tenggorokan.
Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit sinusitis, post-nasal drip, atau sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri, maka Anda lebih rentan mengalami mulut bau.