Ternyata Memasak Sayur Yang Salah Akan Mengurangi Kandungan Gizi

   

       Sayuran merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung banyak air. Sayuran merupakan sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk didalamnya potasium, asam folat, serat makanan, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan antara satu sayuran dengan sayuran lainnya tentu saja memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang berbeda.
      Banyak sekali resep makanan untuk mengolah sayuran sehingga rasanya menjadi enak dan membangkitkan selera makan dengan mencampurkan berbagai macam bumbu masak.
Namun, cara memasak sayur dengan salah akan menghilangkan gizi yang terkandung dalam sayur dan akan mengubah kualitasnya. Untuk hal itu anda harus mengetahui bagaimana cara memasak sayur dengan baik agar kandungan gizinya tetap terjaga.
       Dalam proses memasak sayur anda harus memperhatikan beberapa hal mulai dari membersihkan sayur, memotong sayur harus dengan ukuran yang sama agar tingkat kematangan merata, metode masak baik itu mengukus, merebus, atau menumis semuanya mempunyai pengaruh terhadap kualitas gizi dalam sayur.
Berikut beberapa cara mengolah sayuran agar gizinya tetap terjaga :

1. Proses membersihkan sayuran

       Dalam proses ini anda dianjurkan membersihkan sayuran dengan air mengalir hal ini dilakukan untuk menghilangkan kuman, bakteri, maupun sisa pupuk dalam sayuran. Jangan membersihkan sayuran dengan merendamnya karena hal ini akan menghilangkan vitamin B kompleks dan vitamin C yang larut air dan jangan membersihkannya dengan air panas karena akan merusak vitamin C pada sayuran.

2. Proses memotong sayuran

        Jika anda suka memotong sayur dengan kecil, sebaiknya anda mengubahnya menjadi ukuran besar anda juga dapat memasaknya dalam kondisi utuh. Jika anda memotong sayur dengan ukuran  kecil akan menghilangkan gizi dalam proses memasak. Jika anda tidak menyukai potongan besar, maka anda dapat memotongnya setelah sayur masak.

3. Kualitas suhu, waktu, dan air saat memasak

         Sebelum anda memasak sayuran anda harus memperhatikan suhu, kadar air, dan waktu yang tepat. Jika sayuran dimasak dalam suhu yeng terlalu tinggi dan waktu yang lama akan menghilangkan kandungan vitamin B1 dan vitamin B3 sebanyak 60%. Vitamin C dalam sayur juga akan rusak jika terlalu lama terkena dalam air. Untuk hal tersebut dalam suatu penelitian menyarankan agar memasak sayur dengan cara dikukus hal ini akan menjaga kandungan gizi pada sayuran sebanyak 80 %.

4. Metode memasak yang tepat

         Banyak sekali cara untuk memasak sayuran hingga terciptalah masakan yang enak. Namun, dalam setiap metode memasak sayur juga menentukan banyaknya zat gizi dan menghilangnya zat gizi pada sayur.Oleh karena itu anda harus mengetahui metode mana yang baik agar gizi dalam sayuran tidak banyak menghilang.
Berikut beberapa metode memasak sayur mayur yang baik :

– Menumis
        Metode pertama ini khusus anda yang tidak terlalu menyukai sayur, dengan cara menggunakan sedikit minyak dan mencampurkannya dengan bumbu masakan sehingga rasanya gurih.Teknik ini juga bisa mempertahankan warna, rasa, dan nilai gizi sayuran.Hampir semua sayuran dapat menggunakan metode ini, namun untuk sayuran hijau anda jangan menumisnya terlalu lama, hal ini karena sayur hijau mudah layu.

– Merebus
        Metode ini merupakan metode umum dan paling sering digunakan dalam megolah sayuran hal ini karena dengan metode ini cukup mudah, cepat, dan sederhana. Namun, dengan merebus sayur dengan suhu dan terlalu tinggi dan waktu yang lama akan menghilangkan vitamin yang terdapat dalam sayuran. Disarankan dalam metode ini anda harus berhati hati dalam mengukur suhu dan lamanya proses memasak.

– Memasak dengan microwave
         Microwave memiliki suhu tinggi, namun waktu memasak dengan alat ini biasanya lebih singkat sehingga tidak banyak zat gizi yang terbuang.Selain digunakan untuk memanaskan sisa makanan ternyata dapat digunakan untuk memasak sayuran.

– Memanggang
           Mungkin metode ini lebih spesifik pada daging.Ternyata sayur juga dapat dipanggang bahkan, teknik memanggang lebih baik dari teknik yang dalam dalam memasak sayur. Hal ini dikarenakan dapat mempertahankan warna, rasa, dan nilai gizi sayuran.
Sayuran yang dipanggang sebaiknya yang memiliki tekstur yang padat seperti asparagus, labu, buncis, wortel, atau bawang bombai. Olesi sayuran dengan minyak, lalu panggang di atas bara api hingga matang. Jangan lupa, sisihkan bagian sayuran yang hangus.

Ada berbagai macam cara untuk memasak sayur namun anda harus memilih metode mana yang baik agar kandungan gizi tetap terjaga sehingga manfaat dalam sayur dapat kita rasakan dengan masakan yang telah dibuat.