Waspadai Dampak Tidur Sore

Waspadai Dampak Tidur Sore

        Tidur merupakan kebutuhan tubuh kita untuk mengistirahatkan badan dan pikiran.Waktu tidur yang baik yaitu pada waktu malam hari minimal 6-8 jam.Selain membutuhkan asupan gizi, lingkungan yang bersih, tubuh juga membutuhkan waktu untuk tidur untuk menjaga kestabilan tubuh.

          Sebagian orang yang merasa sangat kelelahan sehingga mereka memilih tidur pada sore hari setelah pulang beraktivitas.Namun, apakah anda tahu? bahwa tidur pada sore hari memiliki dampak negatif untuk kesehatan anda.Berikut beberapa dampak pada kesehatan anda jika anda sering tidur sore :

1. Menyebabkan sakit kepala

         Beberapa orang telah mengalami sakit kepala setelah tidur sore ada yang berkepanjangan dan ada yang merasakannya beberapa saat.Sebaikya lakukan aktivitas ringan pada sore agar anda tidak tidur. 

2. Menurunkan daya tahan tubuh

         Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur menjelang waktu magrib dapat menyebabkan terganggunya sistem metabolisme tubuh.Hal ini dapat menyebabkan penurunan pada produksi insulin.Oleh sebab itu, kemungkinan besar tubuh anda akan mudah jatuh sakit.

3. Pemicu kadar gula (diabetes)

          Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur sore dapat menyebabkan kadar gula (diabetes).Ini disebabkan kondisi yang tidak tidak banyak bergerak, selain itu tidur sore juga dapat menyebabkan siklus alami tubuh terganggu.

4. Pemicu daya ingat dan kebinggungan

            Hal ini sering dikeluhkan oleh orang yang suka tidur pada sore hari, banyak orang yang merasa kebinggungan hingga hilang ingatan sesaat dan mengira bahwa sudah pagi hari. Hal ini disebabakan karena tubuh tidak menyadari perubahan siang dan malam dan menyebabkan daya ingat sesaat hilang.

5. Badan menjadi lemas

           Diusahakan ketika sore hari atau sesudah pulang kerja anda tidak tidur.Faktanya jika tubuh anda di istirahatkan pada sore hari otot pada tubuh anda akan mengalami pegal pegal, sehingga tubuh anda akan lemas. Hal ini disebabkan karena tubuh anda kekurangan asupan oksigen.
Oleh sebab itu, pantas saja jika anda bangun tidur pada sore hari tubuh anda akan merasa lemas dan pegal pegal.

Lalu kapankah waktu tidur yang baik?

           Waktu tidur yang baik yaitu pada malam hari, karena pada malam hari tubuh akan lebih rileks setelah seharian beraktivitas. Memenuhi jam tidur yang baik dapat menjaga kualitas kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari karena tidur merupakan aktivitas penting yang sangat dibutuhkan manusia. Adapun istilah waktu tidur dalam islam.

1. Tidur setelah shalat subuh (Hailulah)

         Hailulah merupakan tidur setelah subuh. Tidur ini dilarang dalam islam karena dapat menghalangi kita pada pintu rezeki. Sebaiknya pada waktu subuh digunakan untuk memperbanyak amalan.Seperti berdzikir, membaca alqur’an, atau melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan anda.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila kamu telah selesai shalat Subuh janganlah kamu tidur tanpa mencari rezeki.” (HR. Thabrani)

2. Tidur pada siang hari (Qailullah)

           Tentu anda penah tidur siang, nah dalam islam ada yang disebut dengan qailullah.Waktunya selama 20-30 menit sebelum dzuhur.Hal ini dijelaskan dalam alqu’an dan hadist
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (Ar-Ruum :23)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.”

3. Tidur setelah solat ashar (Ailulah)

            Ailulah ialah tidur yang dilakukan setelah melaksanakan shalat Ashar. Tidur jenis ini dapat memicu berbagai penyakit. Di antaranya sesak napas, gelisah, dan murung. Selain itu, tidur setelah ashar juga menyebabkan jam biologis kita terganggu serta memungkinkan terlewatnya waktu shalat maghrib.

 

       Sekarang anda telah mengetahui kenapa tidur pada sore hari dilarang dalam islam dan dalam ilmu kesehatan.Jika anda mempunyai kebiasaan tidur pada sore hari, hendaknya hentiakn kebiasaan tersebut karena akan berdampak buruk untuk kesehatan anda.Dan pilihlah waktu tidur yang dianjurkan agar kebutuhan tubuh anda terpeuhi untuk beristirahat.