Manfaat Air Es

manfaat air es

rhisehat.com Sebagian besar orang menjauhi air es karena mengira bahwa kebiasaan minum air es bisa menimbulkan penyakit tertentu. Namun, pada kenyataanya air es memiliki beragam manfaat tubuh, seperti menurunkan demam, menghidrasi tubuh setelah berolahraga, atau menjaga kelembapan kulit.

Setiap hari, tubuh kehilangan cairan melalui keringat, urine, dan napas. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk banyak minum air putih, baik air es atau pun air biasa, agar tidak mengalami dehidrasi. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari.

Tidak hanya diminum, mandi menggunakan air es atau air dingin juga dapat bermanfaat untuk kulit. Pasalnya, mandi dengan air es akan meningkatkan aliran darah di kulit, sehingga kulit tampak lebih lembap dan segar.

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara air es dan air biasa jika sudah masuk ke dalam tubuh, karena suhu air es akan dihangatkan hingga seperti suhu di dalam tubuh. Selain memberikan rasa segar, es juga memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan demam dan mengatasi sakit tenggorokan

Demam adalah tanda bahwa tubuh tengah memerangi peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Suhu panas yang dialami tubuh ketika demam dapat diredakan dengan beberapa cara, di antaranya dengan minum air es dan mengenakan pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat.

Ketika mengalami demam dan sakit tenggorokan, tubuh juga harus mendapat asupan cairan dengan baik untuk mencegah dehidrasi. Dalam hal ini, air es dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

2. Mengurangi Berat Badan

Banyak orang menganggap bahwa air es dapat memicu kegemukan. Padahal, pengonsumsiannya justru mampu mengurangi berat badan.
Pasalnya, tubuh bekerja secara otomatis menghangatkan air yang dikonsumsi, sehingga dapat membakar kalori guna membantu proses metabolisme. Jadi, rutin meminumnya dipercaya mampu menurunkan berat badan.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, disarankan minum segelas air es sebelum makan. Hal ini dapat membuat perut terasa lebih kenyang. Dengan begitu, porsi makanan yang dikonsumsi dapat berkurang.

3. Menghidrasi tubuh setelah berolahraga

Ketika berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Panas tubuh ini akan mengeluarkan banyak keringat dan membuat tubuh cepat lelah. Untuk membantu menyejukkan tubuh dan meringankan rasa lelah, cobalah minum air es setelah berolahraga.

4. Mengatasi Nyeri Otot

Nyeri otot karena keseleo seringkali menyiksa, bahkan dapat mengganggu aktivitas. Salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan air es yang dikompreskan pada bagian tubuh tersebut.

Kompresan air es terbukti ampuh dalam mengurangi pembengkakan serta nyeri. Anda juga perlu selingi dengan air hangat guna memperlancar aliran darah pada otot.

5. Mencegah dan meringankan sembelit

Minum banyak air putih, baik air dingin maupun air biasa, bisa membantu meringankan dan mencegah terjadinya sembelit, terutama bagi orang yang jarang minum cukup air.

6. Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bisa timbul oleh berbagai sebab, termasuk kebiasaan kurang mengonsumsi air putih. Memenuhi asupan ini nyatanya dapat membantu kinerja ginjal dalam mencegah terjadinya masalah tersebut.

Tak hanya itu, air putih juga mampu mengeluarkan batu ginjal yang berukuran kecil. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan suhu dingin. Terlebih jika ditambahkan lemon, karena rasa asam disebut dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal.

7. Menyehatkan Kulit

Kekurangan cairan dapat membuat kulit terasa lebih kering, kasar, serta tak lagi kenyal. Mengonsumsi air putih disebut mampu mengatasi masalah ini, sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Beragam studi menyatakan bahwa mandi air es atau dingin juga bisa meningkatkan aliran darah pada kulit. Dengan begitu, kondisinya akan terlihat lebih lembap dan bugar.

Meski air es bermanfaat bagi kesehatan, konsumsinya harus tetap diperhatikan. Ketika diminum secara tergesa-gesa, minuman dingin bisa menyebabkan sakit kepala.

aldokter. accessed on 2022 Brain Manfaat Air Es
yoursay.id. accessed on 2022 Brain Manfaat Air Es 2022 Brain Abscess